Diresmikan Presiden Tol Pandaan-Malang  – Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Pintu Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Presiden meresmikan penggunaan tol Mapan untuk seksi 1-3 yakni Pandaan-Singosari sepanjang 30,6 kilometer (Km).

Jalan tol Malang-Pandaan terdiri dari seksi 1-5 sepanjang 38,4 Km, sementara Seksi 4-5 sepanjang 7,48 kilometer dari Singosari-Kota Malang masih dalam tahap pembangunan. Termasuk perubahan jalur yang dilakukan di Seksi 5, akibat penemuan situs Cagar Budaya peninggalan masa Pra Majapahit.

Diresmikan Presiden Tol Pandaan-Malang  -

Diresmikan Presiden Tol Pandaan Malang

Tol Malang-Pandaan memakan biaya investasi Rp 5,97 triliun. Tol diestimasi akan dilewati sekitar 20.000 kendaraan.
“Estimasi pengguna tol Malang-Pandaan diperkirakan 20 kendaraan,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo, di sela menunggu kedatangan presiden, Senin (11/5).

Tol akan dimulai penggunaannya untuk umum setelah diresmikan, yang sekaligus untuk aktivitas mudik Idul Fitri 1440 H. Tol akan gratis selama dua minggu pasca peresmian.

Baca juga: Pengancam Penggal Jokowi Dibekuk saat di Rumah Bude

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer (Km) sudah selesai dan siap dioperasikan. Sementara untuk Seksi 4-5 sepanjang 7,9 Km masih dalam tahap konstruksi dan ditargetkan selesai November 2019 atau lebih cepat.

“Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Pandaan – Malang bisa selesai lebih cepat. Mulai besok kita akan operasikan seksi 1 sampai 3. Apabila seksi 4-5 selesai bisa langsung dioperasikan saja (tidak perlu diresmikan lagi),” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, melalui keterangan resminya.

Menteri Basuki mengatakan mengenai tarif sendiri belum diberlakukan sepanjang masa sosialisasi kepada masyarakat. “Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto mengatakan untuk Tol Pandaan-Pandaan Seksi 4 sepanjang 4,8 Km menuju Kota Malang dapat dibuka fungsional pada saat mudik. Saat ini progresnya sendiri sudah mencapai 87 persen.
“Namun bisa kita fungsikan untuk membantu kelancaran mudik. Hanya saja gerbang keluarnya di Pakis tidak terlalu besar sehingga akan diatur sebagian bisa keluar di Pakis sebagian keluar di Singosari,” jelas Sugiyartanto.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *